Makna Hari Dalam Islam


Makna hari dalam islam.


Hari ahad
Rasulullah SAW. Ditanyakan tentang hari ahad, lalu beliau menjawab: hari ahad adalah hari menanam dan membangun. Karna hari itulah ALLAH SWT  mulai menciptakan dunia dan kemakmurannya. (H.R.Anas bin malik r.a.)

Hari senin
Rasulullah ditanya tentang hari senin oleh sahabat, beliau menjawab: hari senin adalah hari pelayaran dan perniagaan. Karna nabi Syaits A.S telah berlayar pada hari senin dan mendapatkan keuntungan yang besar dalam perniagaannya. (H.R. Anas bin malik r.a.)

Hari selasa
Rasulullah ditanya tentang hari selasa, maka beliau menjawab: hari selasa adalah hari berdarah. Karna pada hari itulah siti Hawa haid dan putra adam membunuh saudaranya sendiri. (H.R. Anas bin malik r.a.)

Hari rabu
Rasulullah ditanya tentang hari rabu, maka iapun berkata: hari rabu adalah hari nahas yang terus-menerus. Karna pada hari itu ALLAH telah menenggelamkan firaun dan kaumnya, memusnahkan kaum A'ad dan kaum Tsamud. (H.R. Anas bin malik r.a.)

Hari kamis
Rasulullah ditanya tentang hari kamis oleh sahabat, maka beliau menjawab: hari kamis adalah hari pencapaian hajat. Karna nabi ibrahim a.s masuk menghadap raja mesir pada hari tersebut, maka mendapatkan hajatnya dan beliau diberi hajar. (H.R. Anas bin malik r.a.)

Hari jum'at
Rasulullah ditanya tentang hari jum'at, maka beliau menjawab: hari jum'at adalah hari silaturahim dan hari pernikahan. Karna para Anbiya' A.S dahulu melakukan pernikahan pada hari itu.

Hari sabtu
Rasulullah ditanya tentang hari satu, lalu iapun menjawab: hari sabtu adalah hari makar dan tipu daya. Karna kaum Quraisy melakukan makar di Darunnadwa pada hari itu. (untuk mencelakakan nabi muhammad saw.)

0 Response to "Makna Hari Dalam Islam"

Posting Komentar

it's me

Foto saya
Aku tidak suka keramaian, bukan aku membencinya. hanya saja aku rindukan ketenangan, bukan keriuhan.